Tidak Hanya Uang, 10 Hal Ini yang Bisa Kamu Dapatkan dari Ngeblog

by - 19:40

Gambar : freepik

Bismillaahirrahmaanirrahiim

10 Hal yang Bisa Kamu Dapatkan dari Ngeblog - Ngeblog memang bisa menghasilkan uang, tapi rasanya sayang sekali kalau tujuan kamu bikin blog sebatas mengejar pundi-pundi rupiah. Masalahnya memonetisasi blog nggak segampang itu, Kawans.

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog itu juga butuh proses, tidak instan! Jadi bukan berarti setelah punya blog kamu sudah bisa meraup pundi-pundi rupiah. Oh tidak sesimple itu, Guys.

Bisa diterima sebagai publisher adsense saja misal, ada yang butuh waktu sampai berbulan-bulan bahkan bilangan tahun. Atau kalau kamu mau cari peruntungan lewat lomba blog, itu juga ada persyaratannya. Blog yang baru lahir dan belum ada isinya biasa nggak masuk hitungan. 

Intinya mah, penghasilan dari blog baru bisa didapatkan setelah kamu mengelola blogmu dulu dengan baik. Paling tidak kamu harus rutin mengisinya dengan konten-konten bermanfaat setiap bulannya. Kalau kamu cuma mengandalkan punya blog sekalipun sudah ber-TLD dan hosting sendiri tapi tidak diurus, dibiarkan saja jadi sarang laba-laba ya sama doang. 

Banyak lho yang kayak gini. Bikin blog semata-mata karena ingin meraup pundi-pundi rupiah. Tapi baru sebulan dua bulan ngeblog sudah keburu bosan duluan gegara penghasilan yang diharapkan tak kunjung nampak hilalnya. Blognya pun dianggurin, dibiarkan jadi sarang laba-laba.


Sayang sekali, tapi wajar sih orang-orang yang membuat blog dengan tujuan utama karena uang cepat tersisihkan dari dunia perbloggeran. Mereka nggak bisa menikmati pekerjaan atau aktivitasnya sebagai blogger sih. 

Beda hal dengan orang-orang yang sedari awal ngeblog tujuannya memang bukan karena uang. Aktivitas ngeblog sama sekali tidak jadi beban, justru sangat mereka nikmati. Malah sebagian dari mereka menganggap dapat penghasilan dari blog itu cuma bonus. 

Well saya setuju dengan adanya anggapan seperti itu, karena jujur saja sejak aktif kembali sebagai blogger banyak hal yang saya dapatkan dari ngeblog yang jauh lebih berkesan dan berharga dan itu bukan tentang uang.

Nah, di postingan collab bareng kak Diah Alsa kali ini saya bakal sharing apa-apa saja yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas ngeblog. Setidaknya selain uang, ada 10 hal lain yang bisa jadi tambahan motivasi buat kamu. Yuk, simak!


Hobi menulis tersalurkan 

Blog bisa jadi platform yang tepat untuk menyalurkan hobi menulis. Iya sih sekarang ini sudah banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk menulis maupun membagikan tulisan-tulisanmu. Di facebook, instagram, wattpad, google dokumen, dan lain sebagainya. 

Tapi kalau kamu pengen serius menekuni hobi menulis, mencari platform yang dapat menyimpan tulisan-tulisanmu dengan rapi, bagus dan dibaca banyak orang, berada dalam lingkaran orang-orang yang punya hobi sama denganmu (menulis, red) maka blog adalah jawabannya.


Blog memang dirancang khusus sebagai platform media tulis online. Tak heran, sebelum blog dapat dimonetisasi seperti sekarang, rata-rata penggunanya adalah orang yang punya hobi berkutat dengan kata-kata. I think, sampai sekarang masih banyak juga kok orang yang ngeblog karena hobi. 

Apa pasal? Sensasi menulis di blog beda dengan menulis di platform lain. Di blog kamu bisa menulis dengan bebas tanpa batasan karakter, kamu juga bisa menyelipi tulisanmu dengan berbagai gambar, infografis maupun video. Menariknya lagi, kamu bisa sekaligus belajar codingan. Ya pokoknya banyaklah hal menarik dari blog yang bisa kamu eksplore sendiri.

Kemampuan menulis terasah

Percaya nggak kalau saya bilang kemampuan menulis itu 99% didapatkan dari latihan dan hanya menyisakan 1% yang berasal dari bakat. Percaya saja ya karena saya sudah membuktikan sendiri.

Well saya bukan orang yang jago menulis, saya hanya suka karena itulah saya membuat blog, untuk menyalurkan hobi menulis saya. Fyi, saya pertama kali buat blog sekira tahun 2011 dan asal kamu tahu saja di blog pertama yang sudah jadi sampah di google itu tulisan saya hancur banget. Tidak perlulah saya tunjukkan sehancur apa tulisan saya kala itu, nanti kamu muntah lagi bacanya, hehe.

Ibaratnya kalau mau dibandingkan tulisan saya yang dulu dan sekarang itu bagai langit dan bumi. Ya pokoknya beda jauhlah, saya sampai nggak nyangka, dulu saya nulisnya hancur banget, acak adut bahkan saya yang nulis saja pusing bacanya. But now? Saya bisa menulis seperti sekarang (even saya akui skill menulis masih jauh dari kata mahir) itu berkat latihan.

Yup, saya melatih kemampuan menulis dari ngeblog. Jangan dikira saya sudah mahir menulis baru ngeblog. Oh tidak. Justru sebaliknya, saya mulai belajar menulis dengan baik dan rapi itu setelah punya blog. Intinya, menulis di blog bisa mengasah kemampuan menulismu, asal kamunya konsisten ya.


Menemukan pembaca

Setiap penulis pasti dong mendamba tulisan-tulisannya menemui pembaca. Biar kali tulisanmu isinya curcol doang. Apalagi sekarang ini sudah bukan zamannya menulis di diari yang sengaja digembok. Kalau pun kamu suka nulis berbau perasaan dan ingin tulisan yang mencurahkan isi hatimu itu tetap ada yang baca maka lagi-lagi blog adalah jawabannya.

Jadi buat kamu yang belum tahu, blog juga dikenal sebagai diari online. Itu karena rata-rata penggunanya dulu (khusus di Indonesia) biasa mengisi blognya dengan tulisan curcol, termasuk saya, wkwkw. Eh sampai sekarang pun saya masih suka curcol di blog sih tapi nggak bawa-bawa perasaan lagi kok, hehe. 

So far, aktivitas blog memungkinkan tulisan-tulisanmu menemukan pembacanya. Apalagi jika ada beberapa dari tulisanmu itu yang nangkring di page one google, pengunjung blogmu bisa membludak. That means, jumlah pembaca di blogmu juga pasti meningkat.

Jauh dari Stres

Menulis termasuk salah satu teknik self healing terbaik sedangkan aktivitas ngeblog sendiri tidak lepas dari menulis. Jadi bisa disimpulkan dengan ngeblog kita bisa melakukan yang namanya self healing

That's why banyak blogger yang jauh dari stres bahkan depresi karena ketika berhadapan dengan masalah, konflik atau apa pun itu yang mempengaruhi kondisi mental, mereka lari ke blog, menulis di sana dan ternyata itu ampuh mengobati diri mereka sendiri.

Sama seperti apa yang pernah saya alami. Jadi ceritanya saya pernah mengalami depresi setelah menikah. Parahnya saya tidak menyadari bahwa saya sedang berada dalam kondisi mental yang tidak baik saat itu, meski sebenarnya saya sendiri curiga, seperti ada yang tidak beres dengan diri saya. 

Dalam kondisi dimana saya merasa telah kehilangan gairah hidup, niat untuk kembali menulis blog muncul seketika. Ya saya nggak bisa bayangkan saja jika saat itu saya tidak mulai aktif kembali menulis di blog, bisa jadi kondisi mental saya makin parah. Syukur, berkah ngeblog saya bisa keluar dari depresi yang saya alami pasca menikah.


Kondisi saya saat ini yang tengah mengasuh dua bayi juga sebenarnya rentan mengalami stres. Apalagi si kakak lagi super duper aktifnya. Menghadapinya sendiri sudah bikin saya kewalahan belum ditambah dengan pekerjaan domestik lainnya. Tapi lagi-lagi saya bersyukur karena punya hobi menulis dan selalu menyempatkan diri untuk ngeblog setiap harinya di tengah-tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga sehingga kewarasan saya tetap terjaga.

Bahagia

Bahagianya seorang blogger itu sederhana saja. Karena bagi seorang blogger yang tujuan utamanya ngeblog untuk berbagi (sharing is caring), tulisan-tulisannya di blog ada yang baca saja itu sudah cukup membahagiakan. Kalau pun dapat penghasilan dari blog dianggapnya hanya bonus. 

Of course, kebahagiaan yang didapat dari nikmatnya berbagi tidak bisa dinilai dengan uang. Mendapatkan penghasilan dari blog memang menyenangkan tapi tahu nggak rasanya ketika ada orang asing yang tiba-tiba mengirim pesan ke kamu baik via dm atau inbox dan berterima kasih karena artikel yang kamu tulis di blogmu sangat membantunya.

Yup lewat blog kamu bisa berbagi banyak hal, entah sekadar sharing pengalaman, tips maupun ulasan atau merekomendasikan suatu produk. Dan meski yang kamu bagikan itu terkesan receh tapi kalau niat kamu berbagi itu tulus, believe akan ada orang di luar sana yang membaca dan merasakan manfaat dari tulisan-tulisanmu itu. Bukankah berbagi itu membahagiakan?

Pengetahuan

Ngeblog bisa juga bisa membuat kamu kaya akan pengetahuan. Bagaimana tidak? Biasanya seorang blogger, ketika menulis dia akan membaca banyak literatur maupun referensi untuk bahan tulisannya di blog, aktivitas tersebut tentu menambah pengetahuannya. 

Selain itu, blogger juga kerap melakukan blogwalking atau jalan-jalan dan membaca tulisan blogger lain. Aktivitas tersebut juga tak lepas dari pengetahuan karena tulisan para blogger terutama yang blognya ber-niche kaya akan informasi. 

Misal, kamu blogwalking ke parenting blog, di sana kamu bisa mendapatkan banyak informasi terkait cara pengasuhan anak. Atau kalau kamu mau belajar make up sekaligus mencari tahu produk-produk beauty yang recommended kamu bisa kunjungi blog ber-niche beauty. Kalau kamu ingin menambah wawasan terkait lifestyle atau membaca tulisan-tulisan receh yang sifatnya personal kamu bisa jalan-jalan ke blog yang temanya gado-gado seperti Kamar Kenangan ini. 

Menjadi Penulis

Tidak hanya menambah pengetahuan, kegiatan blog juga memungkinkan kamu jadi penulis lho. Ada banyak penulis buku yang mengawali karirnya sebagai blogger, tidak sedikit pula penulis buku yang meski telah menelurkan puluhan hingga ratusan karya buku di gramedia tetap rajin menulis di blog.

Jadi kalau punya impian jadi penulis buku kamu bisa coba terjun dulu ke dunia blogger. Siapa tahu kamu bisa mengikuti jejaknya Raditya Dika, hehe atau setidaknya dengan menjadi blogger peluangmu mewujudkan mimpi menjadi penulis buku semakin besar. 

Teman-teman Se-passion

Rejeki yang didapatkan seorang blogger tidak melulu berupa uang. Mendapatkan banyak teman baru apalagi yang sehobi dan se-passion itu juga termasuk rejeki, kan?

Di Indonesia sendiri ada banyak komunitas blogger yang jika bergabung di dalamnya kamu bisa mendapatkan banyak teman sesama blogger yang berasal dari berbagai daerah, dari Sabang-Merauke, semua ada.

Aktivitas ngeblog pun menjadi lebih menyenangkan karena dikelilingi teman-teman sesama blogger yang bisa saling medukung dan menyemangati satu sama lain. Bahkan tak jarang ada yang merasa hubungan yang terjalin sesama blogger itu bukan lagi sebatas teman melainkan persaudaraan even belum pernah bertatap muka. Itulah nikmatnya terjun di dunia blog.

Amal Jariyah

Jangan anggap ngeblog itu cuma kegiatan sepele karena tulisan apa pun yang kita bagikan di blog, selama itu baik, benar (bukan hoaks) dan memberi manfaat serta menginspirasi orang lain itu bisa menjadi amal jariyah buat kita.

Poin ini seharusnya lebih menggiurkan daripada ngeblog semata-mata mengejar uang. Ingat! Uang atau penghasilan yang kita dapatkan dari blog tidak bisa dibawa mati. Tapi kalau kebaikan-kebaikan yang kita tulis di blog dibaca banyak orang dan itu menginspirasi mereka maka in syaa Allaah aktivitas ngeblog ini bisa jadi ladang amal yang pahalanya tetap mengalir meski kita telah tiada di dunia.

Meninggalkan jejak kenangan

Last but not least, apa pun yang kita tulis di blog akan menjadi kenangan yang bisa kita tengok sewaktu-waktu. Itulah sebabnya blog ini saya beri nama Kamar Kenangan, karena ada banyak hal yang ingin saya kenang dalam hidup sekali pun pada nyatanya tidak semuanya terabadikan. 

At least momen-momen penting seperti perjalanan saya ketika menjemput jodoh, kehidupan yang saya jalani setelah hidup menggenap hingga pengalaman yang paling berkesan saat saya akhirnya bisa mengandung dan melahirkan sang buah hati tidak luput saya rekam di Kamar Kenangan ini. 

Dengan ngeblog pula tulisan-tulisan yang kita abadikan di blog akan tetap hidup. Akan ada yang membacanya sekalipun kita tidak lagi berada di dunia. Blog bahkan bisa jadi harta berharga yang kita wariskan ke anak cucu.

So far,  kamu sebenarnya bisa mendapatkan lebih banyak hal dari aktivitas ngeblog ketimbang sekadar uang. Jadi kalau tujuan kamu ngeblog hanya untuk mengejar pundi-pundi rupiah coba deh dipikir-pikir lagi.  

Kan sayang ya cuma karena apa yang kamu harapkan dari ngeblog tak kunjung membuahkan hasil, kamu sampai malas dan membiarkan blogmu jadi sarang laba-laba. 

Nah, 10 hal di atas bisa jadi tambahan motivasi buat kamu agar tetap semangat ngeblog. Jangan lupa mampir juga di postingannya Kak Diah Alsa ini 5 Hal yang Didapatkan dari ngeblog ya.

Salam,

You May Also Like

20 komentar

  1. Beneran emang banyak banget manfaat ngeblog ya.. kurasakan banget manfaatnya.. teman juga nambah banyak meskipun di dunia maya..

    BalasHapus
  2. Saya juga suka banget nulis Mbak. Jadi selama sebulan yang lalu saya mencoba untuk menutup diri saya hanya karena sebuah skripsi. Saya enggak nulis dan mulai menjeda BW, apalagi baca buku. Hasilnya saya malah semakin stress nggak bisa ngerjain skripsi dan berujung pada keputus-asaan. Sedih banget rasanya ketika depresi enggak diperbolehkan untuk menulis. Tapi kini saya tahu kekuatan saya sebenarnya terletak pada kata-kata.

    BalasHapus
  3. Ternyata tulisan tandem
    Saya tadi udah ke blognya mbak Diah, dan semuanya sangat setuju
    Selama niat kita tulus, ngeblog untuk berbagi manfaat maka banyak manfaat pula yang didapat

    BalasHapus
  4. Kalau aku sih ngeblog karena kuanggap blog seperti diary aku hehehe 😁 Aku senang berbagi pengalaman pada para pembaca. Puas rasanya jika hal2 yg aku tulis bisa bermanfaat buat orang lain.

    BalasHapus
  5. Betul nih kak... soalnya yg aku tau jiga menulis atau ngblog ini salah satu self healing paling direkomendasiin para psikologh. Mantul...

    BalasHapus
  6. Bener banget, Mbak..sekarang kalau suntuk nggak usah umbar-umbar masalah di status. Lari ke blog aja dan plong banget setelah curhat...hihi. Pembaca juga sangat paham, kayaknya nyetrum aja kalau nulisnya pakai perasaan *perasaan kesel..hihi

    BalasHapus
  7. Kayaknya "meninggalkan jejak kenangan" tuh sounds so cool, ya, Teh? Hihi. Tapi bener banget, loh. Salah satu manfaat dari ngeblog ini, ya itu! Selain berbagi hal baik yang pastinya akan bertemu dan menginspirasi pembacanya, juga menambah pertemanan (jadi kenal banyak blogger dan juga visitor setia), memperluas network dan banyak lagi hal positif lainnya. I love blogging!

    BalasHapus
  8. Setuju mba nulis di blog banyak sekali manfaatnya dan yang lebih penting bikin bahagia dan kadang ide pun muncul begitu saja.

    BalasHapus
  9. Aku mungkin kebalikan ya. Orang lain nulis blog sebagai jalan untuk jadi penulis, aku udah tahunan jadi penulis di media massa cetak dan buku, baru bikin blog :D

    BalasHapus
  10. Setuju dengan kesepuluh hal itu. Dan poin satu, setuju sekali..
    Hobi menulis tersalurkan
    Karena blog kita bisa menulis sesuai gaya kita dengan aturan kita

    BalasHapus
  11. yang paling saya rasakan tuh jadi punya banyak kenalan dari seluruh indonesia hahahaa dan jadi punya tempat menyalurkan semua isi kepala :)

    BalasHapus
  12. Betuuuullll sekaliii, ngeblog itu bawaannya happy. Malah stress ya kalau ndak ngeblog, wkwkwkk.
    Semoga juga yg kita tuliskan bisa jadi pemberat amal baik kita ya, jadi amal jariyah, Aamiin.

    BalasHapus
  13. betul sekali mba semua yang mba sebutkan memang terasa buat aku selama menulis ini, meski masih belajar, tapi pelan-pelan semakin terasah, dan pastinya sebelum nulis pasti nyari referensi dulu, jadinya ilmunya makin nambah

    BalasHapus
  14. Bener bangeet mbak setuju sama semuanya, disamping bisa dapet penghasilan tentunya hidup berasa lebih happy karena kita bisa sharing apa yg kita suka

    BalasHapus
  15. Sepakaat banget mbaa. Banyak banget manfaat yang aku rasakan dengan adanya ngeblog mba. Bisa terapi anti stres mba. JAdi lebih plong gituu

    BalasHapus
  16. wah aku baru sadar kalo kita ngeblog juga bisa jadi amal jariyah ya:') makin semangat dehh

    BalasHapus
  17. Nah aku nih yang masih belum bisa masukin google adsense di blog aku. Sudah baca tutorial di google tapi fitur di blog aku ngga ada ..
    Laah malah aku curcol ahahaha

    BalasHapus
  18. Setuju mba. Aku juga awalnya suka nulis lalu bikin blog. Tapi dulu mah blog blm serame skrg. Blog walking masih jarang hahaha.. skrg mah udah beda.

    BalasHapus
  19. Kalau saya pribadi bukan karena suka menulisnya mba, tapi dulu lebih ke suka curhat online hihi

    BalasHapus
  20. Kenapa sih banyak blogger yg seolah "nyalahin" kalo tujuan utama ngeblog buat cari duit? Saya ngeblog tujuan utamanya buat cari duit, dan saya bangga dengan itu, bisa buat nafkahin keluarga. Saya juga menikmati aktivitas ngeblog saya.

    Dulu saya punya beberapa blog yg tujuannya ya buat ngeblog aja. Tapi semua kurang terurus dan kualitasnya mengecewakan saya. Tahun ini hampir semua blog saya hapus, 1 blog saya kasih ke teman, 1 blog saya hidupin dari nol lagi, dan saya bikin blog baru 1 lagi.

    Saya start dari awal lagi dengan tujuan utama make money blogging. Dan bukan berarti karena tujuan saya uang lalu saya nggak enjoy ngeblognya, cenderung berhenti di tengah jalan, dan kualitas konten saya sembarangan.

    Justru karena tujuan uang itulah saya sudah serius dari awal ngeblog. Saya bikin perencanaan matang A-Z termasuk riset beberapa ratus keyword untuk bahan tulisan. Jadi sekitar 2 tahun ke depan saya yakin nggak ngalamin writer block, ide ada dan bahan tulisan juga udah saya kumpulin (buku, majalah, narasumber, dll).

    Saya enjoy karena niche (kucing) yg saya pilih memenuhi 3 kriteria: skill (saya pengalaman miara kucing, punya kenalan bbrp dr hewan), passion, dan potensi (trafik, monetize). Meskipun nggak tiap hari saya publish artikel tapi hampir tiap hari saya nulis dan nggak bosan. Itu termasuk tulisan2 guest post di blog lain buat bangun backlink.

    Jadi menurut saya ngeblog karena cari uang itu mulia, asal duitnya bukan dari jalan haram aja. Masalah kualitas dan komitmen itu tergantung orangnya. Contoh saja majalah cetak jaman dulu, mereka menjual konten buat uang kan, tapi bisa bertahan lama dan kualitasnya bagus.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.