Arti Dibalik Nama Zhafran Assyauqi Muhammad

by - Sunday, December 01, 2019


Bismillaahirrahmaanirrahiim

"Zhafran hadir dalam mimpi bunda lagi, Nak. Bunda ingin bertemu, sekali lagi. Walau sebatas bunga tidur"

Arti Dibalik Nama Zhafran Assyauqi Muhammad. Itu adalah status yang sempat saya pajang di WA setelah semalam bermimpi bertemu dengan si Kecil yang walau rupanya samar dalam pandangan saya namun masih tergiang jelas panggilannya untuk saya dan panggilan saya untuknya.

Dia memanggil saya Bunda dan saya memanggilnya Zhafran.

Keesokkan harinya saya begitu bersemangat menceritakan pertemuan saya dengan 'Zhafran' kepada Zaujii (panggilan sayang saya ke suami). Padahal itu cuma pertemuan dalam mimpi. Waktu itu usia pernikahan saya telah menginjak bulan ketiga dan saya masih belum hamil, belum juga ada tanda-tanda saya akan hamil. Tapi saya yakin saja, "Zhafran" yang hadir dalam bunga tidur saya itu akan segera menjelma nyata.

Qadarullaah, kurang lebih setahun lepas mimpi itu berlalu, Allah anugerahi seorang anak laki-laki yang kemudian saya beri nama ia Zhafran.

Mimpi. Rasanya seperti mimpi. Dan memang ini benar-benar mimpi yang menjelma nyata. 'Zhafran' yang pernah muncul dalam bunga tidur saya telah hadir ke dunia.

Arti Sebuah Nama

Menurut kamu apa sih arti sebuah nama? Atau mungkin kamu sudah sering dengar ungkapan apalah arti sebuah nama. Ya, bagi sebagian orang arti sebuah nama mungkin tidaklah begitu penting. Sebagian yang lain tentu akan menganggap arti dari sebuah nama adalah sangat penting.  Bahkan dalam agama, orang tua dianjurkan memberikan nama anaknya dengan nama yang baik.

That's why, salah satu hak anak yang harus dipenuhi oleh orang tuanya ketika ia baru lahir adalah diberikan nama yang baik.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra Sesungguhnya Nabi saw bersabda :

مِنْ حَقِّ الْوَلَدِ عَلَى الْوَالِدِ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ: أَنْ يُحْسِنَ اِسْمَهُ إِذَا وُلِدَ، وَيُعَلِّمَهُ الْكِتَابَ إِذَا عَقَلَ، وَيُزَوِّجَهُ إِذَا أَدْرَكَ.

“Hak anak atas orang tuanya ada tiga: diberikan nama yang baik ketika lahir, diajarkan al-Quran ketika sudah berakal (tamyiz) dan menikahkanya ketika sudah menemukan.”

Nama adalah identitas diri sekaligus menjadi kado terindah yang diberikan orang tua kepada kita. Dalam sebuah nama ada doa, ada cinta dan juga harapan dari orang tua yang disematkan pada diri kita.


Memilih Nama untuk Anak dengan Arti yang Baik

Setiap orang pastinya akan memberikan nama yang baik dan indah untuk anak-anaknya. Walau tak dimungkiri juga ada orang tua yang asal memberi nama kepada anaknya dan tidak terlalu peduli dengan artinya. 

Terutama orang tua zaman dulu. Mungkin karena belum begitu paham kali ya, jadi paling arti nama anaknya diambil dari bulan kelahiran kayak nama saya dan saudari-saudari saya (kecuali si bungsu). Kakak saya diberi nama Novi karena lahir bulan November, kalau saya dan adik saya Aya karena sama-sama lahir di bulan Juni sehingga pada nama kami melekat kata Yuni.

Nah, waktu si bungsu lahir, orang tua saya sudah mulai paham nih mengenai pemberian nama anak yang sebaiknya mengandung arti baik dan menggunakan nama islami. Jadilah di antara empat bersaudara hanya si bungsu yang memiliki nama islami dan mengandung arti yang baik.

Kalau nama kakak-kakaknya mah bukannya nggak memiliki arti yang baik, hanya saja tidak termasuk nama islami dan kalau ditanya arti nama kami apa, mama dan papa juga bingung jawabnya, hehe. 

Mereka kurang tahu artinya tapi kata mama saya diberi nama Siska karena waktu lahir papa baru pulang dari Manado. Fyi, banyak perempuan Manado yang bernama Siska dan mungkin beliau terinspirasi  dari sana, hehe. 

Beidewei kamu pernah dengan ungkapan Dian yang Tak Kunjung Padam nggak? Ungkapan yang ternyata merupakan judul dari novel kbarya  Takdir Alisjabana ini mirip dengan slogan "Api Nan Tak Kunjung Padam" milik Kantor Departemen Penerangan (sekarang MenkonInfo) tempat mama bekerja dulu. Nah, mama saya terinspirasi mengambil nama Dian dari slogan tersebut.

Sementara kata Wahyunita sendiri disematkan pula pada nama saya karena mungkin terinspirasinya dari bulan kelahiran saya.

Itu saja sih yang bisa dijelaskan mama dan papa kalau saya bertanya mengenai arti nama Siska Dian Wahyunita. Selama ini saya juga nggak kepikiran mau mencari tahu arti dari nama yang diberikan orang tua saya.

Eh tapi gegara nulis postingan ini saya jadi kepo lho dan coba googling arti nama saya. And you know what, ternyata nama saya yang Indonesia (Jawa) banget ini juga memiliki arti khusus.

Arti Nama

Siska ; Jalan Penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna

Dian ; Lampu, Penerang, pelita

Wahyu(nita) ; petunjuk, isyarat, ilham, inspirasi dari Tuhan

Karena kata wahyu biasa identik dengan nama laki-laki dan karena saya lahir di bulan Juni sehingga ditambahkan kata nita, Wah-Yuni-ta).

Jadi kalau mau disimpulkan kira-kira apa nama arti Siska Dian Wahyunita? Ada yang berminat bantu menyimpulkan? Baiklah kalau tidak ada saya coba simpulkan sendiri ya, hehe

Anak perempuan yang memberi isyarat/petunjuk pada jalan penghidupan yang tentram (bahagia) dengan cahaya (pelita)-nya.

Ternyata arti nama saya bagus juga ya, hehe meski orang tua mungkin tidak terlalu paham dengan arti nama yang diberikan kepada anaknya ini but least sekarang saya tahu dalam nama saya ada doa dan harapan dari orang tua agar saya bisa jadi perempuan yang senantiasa memberikan manfaat (kebaikan) dimanapun berada. Agar kehadiran saya mampu memberi cahaya / penerangan bak pelita bagi orang-orang di sekitar saya. Kurang lebih seperti itulah makna yang tersirat dalam nama saya.


Berbeda dengan orang tua zaman dulu, kalau kita perhatikan orang tua zaman sekarang (baca : orang tua milenial) khususnya yang beragama islam lebih memilih memberikan nama islami modern kepada anaknya. Selain itu mencari inspirasi nama islami sekarang ini juga tidak sulit, karena bisa dengan mudah kita dapatkan lewat buku  kumpulan nama-nama bayi atau mencarinya lewat google.

Nah, nama islami ini jugalah yang saya dan suami berikan kepada anak pertama kami. Tentu dengan doa, cinta dan harapan yang kami sematkan pada rangkaian nama panjangnya, Zhafran Assyauqi Muhammad.

Arti Dibalik Nama Zhafran Assyauqi Muhammad


Sejak Zhafran lahir saya memang sudah niat banget pengen nulis postingan dengan tema ini. Namun tidak segera saya realisasikan karena saya pengennya postingan mulai dari saya dan suami ikhtiar promil alami, hingga akhirnya saya hamil di tujuh bulan usia pernikahan kami dan menjalani sepanjang trimester kehamilan yang penuh nano-nano, semua ingin saya publish secara runut. Termasuk postingan terkait pengalaman saya saat melahirkan Zhafran.


Rencananya setelah semua postingan tersebut tuntas baru deh saya bakal bikin postingan khusus dimana dalam postingan tersebut saya akan umumkan nama lengkap sekaligus arti dibalik nama anak pertama saya.

Berhubung semua postingan yang saya maksud sudah tuntas jadi di postingan inilah saatnya saya menuntaskan niat yang sudah lama terpendam itu. Sedikit menguak arti dibalik nama Zhafran Assyauqi Muhammad.

Ya kali saja ada pembaca Kamar Kenangan ini yang kepo, kenapa anak pertama saya diberi nama Zhafran Apa artinya? Kenapa nama depannya tidak diawali dengan huruf A saja atau setidaknya huruf-huruf abjad yang berada pada posisi awal-pertengahan, kan kasihan kalau nama depannya diawali huruf Z, di daftar hadir pasti bakal disebut belakangan.

Baiklah meskipun tidak ada yang kepo, saya merasa harus menjelaskan hal ersebut di postingan ini.  Setidaknya kalau Zhafran sudah besar dan ingin tahu kisah dibalik pemberian namanya, saya suruh saja baca postingan Bundanya ini, biar saya juga nggak perlu capek-capek menjelaskan, hehe.

Jadi nama lengkap anak pertama saya adalah Zhafran Assyauqi Muhammad, boleh dipanggil Zhafran atau Syauqi.

Zhafran
Seperti yang sudah saya singgung di atas, nama ini saya ambil terinspirasi ketika ia hadir dalam mimpi saya dan memanggil saya bunda lalu saya memanggilnya Zhafran. Nggak tahu juga kenapa saya bisa manggil dia Zhafran. Nama itu lantas terngiang setelah saya terbangun dari mimpi, saya bahkan sempat pasang status terkait mimpi tersebut di status WA lho.

Assyauqi
Terinspirasi dari google, eh maksud saya untuk nama tengahnya saya pengen diawali huruf  A dan artinya nyambung dengan nama depan dan nama belakang Zhafran hingga ketemulah saya dengan nama Assyauqi ini.

Muhammad
Terinspirasi dari nama Rasulullaah, sekaligus nama ini juga merupakan nama depan ayahnya. Selama ini nama Muhammad memang identik digunakan sebagai nama depan, kan? Meski ada juga nama yang meletakkan kata Muhammad di tengah maupun di belakang. Nah, saya dan suami sengaja meletakkan nama Muhammad (untuk anak-anak kami)  di belakang

Arti Nama 
Zhafran : yang menang, yang beruntung, kemenangan, keberuntungan, kejayaan
Assyauqi : Rindu, Dirindu, Kerinduan
Muhammad : Nama Rasulullaah shallalllahu 'alaihi wassalam, yang terpuji, yang dirahmati

Nah, dari arti nama di atas ada yang bisa menyimpulkan nggak kira-kira apa arti dibalik nama Zhafran Assyauqi Muhammad? Kalau tebakannya benar saya kasih jempol deh, hehe.

That's right, inilah arti dibalik nama anak pertama saya.

Kemenangan yang Dirindukan Muhammad.

Dengan nama yang merupakan doa kami sebagai orang tua untuk Zhafran itu, kami berharap dia dapat tumbuh jadi anak yang senantiasa bisa meraih kemenangan dalam hidupnya baik di dunia maupun di akhirat. Mampu menjadi pemimpin (pemenang) yang selalu dirindukan oleh orang-orang di sekelilingnya. Dimana pun ia berada orang-orang akan selalu 'merindukannya' karena kepribadiannya terpuji seperti kepribadian Muhammad yang melekat pada namanya. Yah, semoga Zhafran bisa tumbuh, menjadi harapan orang tua, keluarga besar, bangsa, negara dan agamanya. Tak apalah di daftar hadir namanya selalu disebut belakangan namun prestasi semoga selalu terdepan sesuai namanya. Begitulah saya mengartikan nama panjang Zhafran.

Fyi, soal pemilihan nama anak ini memang suami sepenuhnya menyerahkan ke saya. Tadinya saya pengen dia juga ikut mencarikan nama untuk anak kami, ya kali siapa tahu suami punya usulan nama sendiri, tapi tanggapannya apa? Kata suami, dia ngikut saja soalnya kalau dia yang saranin mau nama ini  atau nama itu, trus sayanya nggak sreg sama doang. Haha bener juga sih, kalau saya nggak sreg dengan usulan namanya jelas bakal saya tolak mentah-mentah, wkwkw 😅

Demikian sedikit sharing tentang arti nama anak pertama saya. Nah, untuk anak kedua yang in syaa Allaah akan lahir di bulan Desember ini saya belum menentukan namanya. Masih pusing plus bingung cariin nama yang tepat. Coba kalau inspirasi nama untuk si adik bisa saya dapatkan juga lewat mimpi kayak kakaknya, pastinya saya nggak bakalan selarut ini mencari-cari nama, hehe.

So, kalau ada yang mau bantu kasih usulan nama boleh banget. Silakan share ya di kolom komentar agar bisa jadi bahan pertimbangan buat saya.

You May Also Like

1 comments

  1. Waktu hamil anak pertama, saya rempong cari nama yang tepat, yang jelas, kalau laki kudu ada Muhammad-nya, biar menjadi pengikut Muhammad yang mencontoh ahlak junjungan kita tersebut.

    Kalau namanya, entahlah, tiba-tiba saja terbersit di pikiran saya, Darrell yang katanya di Inggris berarti sangat mencintai, karena saya sangat mencintai anak saya hahaha.

    Kalau nama akhirnya, suami yang asal cari, dan artinya bagus dalam bahasa Arab.

    Kalau nama saya, dikasih oleh tetangga waktu di Sulut, dan saya cari ternyata artinya ratu dalam bahasa Prancis :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.