Ketika Domain Blog Tidak Bisa Diakses

by - Tuesday, April 14, 2020


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Sebelumnya nggak punya pengalaman sama sekali menghadapi blog error jadi ketika mendapati Kamar Kenangan ini tiba-tiba tidak bisa diakses badan saya langsung lemas dan kepala mendadak pusing. 

Mana saya tahunya pertama kali dari tim SosiaGo yang menginformasikan kalau dua task artikel content placement yang saya kerjakan di blog ini tidak bisa diakses. Jika sampai tanggal 7 April masih belum bisa diakses maka pembayaran task tersebut akan di-pending (waktu itu saya sempat panik jadi yang ada di pikiran saya bukan ditunda tapi dibatalkan😅)

Pikiran saya makin mumet mengingat blog dengan domain siskadwyta.com sudah lumayan sering mendapat tawaran kerja sama dengan agency atau brand lain. Jadi kalau bermasalah pasti semua website yang menanam backlink di blog ini juga kena imbasnya dong. Lalu bagaimana kalau semuanya nuntut ganti rugi *eh. 

Tapi yang bikin saya merasa paling nyesek karena blog ini sudah saya anggap sebagai Kamar Kenangan sendiri, aset berharga yang sungguh tidak ternilai dengan uang. Jadi ketika tiba-tiba mendapatinya error seperti itu rasanya saya pengen nangis bombay😭


Panik? Sudah pasti. Saya sampai berpikiran yang nggak-nggak lho. Syukurnya berbagai pikiran negatif itu masih bisa saya halau dengan berusaha menenangkan diri dan mencari bala bantuan agar blog saya segera pulih. Ya pokoknya saya nggak bisa tenang kalau Kamar Kenangan ini belum bisa diakses kembali. 

Jadilah seharian itu saya sibuk urus blog. Untung ayah anak-anak lagi nggak masuk kerja sehingga saya bisa curi-curi waktu untuk mencari tahu cara mengatasi domain blog saya yang tiba-tiba tidak bisa diakses ini.

Mengapa domain blog tiba-tiba tidak bisa diakses?

Entahlah. Sebenarnya sehari sebelumnya saya dapat mention dari Mbak Grandys di grup FB Estrilook Community yang bilang kalau blog saya nggak bisa dia akses lewat laptop, tapi saya coba buka lewat hp bisa.

Berhubung saya sudah lama nggak buka blog lewat laptop dan masalah blog saya yang tiba-tiba nggak bisa diakses lewat laptop tapi lewat hp bisa itu pernah kejadian makanya saya nggak terlalu ambil pusing. Saya saranin saja agar Mbak Grandys blogwalking lewat hp. 


Setelah itu saya nggak sempat cek lagi karena fokus selesaikan postingan draft yang sudah berhari-hari menunggak. Rencananya malam itu mau saya kelarin setelah kelonin Zhafran dan adiknya tapi yang ada eh saya malah ketiduran, ckck.

Keesokkan harinya barulah saya kaget setelah baca email dari tim SosiaGo dan percakapan teman-teman di WAG Estrilook yang mau menuntaskan kewajiban blogwalking-nya di blog saya tapi nggak bisa karena error.

Duh jangan tanya kenapa blog saya bisa tiba-tiba error gitu, saya pun tidak mengerti. Selama ini saya tahunya ngeblog doang, buta dengan masalah teknis. Coding-an saja saya nggak begitu paham apalagi yang menyangkut blog error. 

But setelah saya telusuri dengan tanya ke sana kemari, kemungkinan penyebab errornya itu kalau bukan karena Google Search Console (GSC) ya Domain Name Server (DNS). Nah, kira-kira masalahnya di mana? Yuk kita cari tahu dulu. 

Cara mengatasi domain blog yang tidak bisa diakses

Jadi gimana cara saya mengatasi blog yang tiba-tiba error? Bohong kalau saya bilang nggak panik makanya sebisa mungkin saya harus mengatasi kepanikan itu dulu. Setiap orang tentunya punya cara tersendiri ya ketika dilanda panik. 

Kalau saya saat itu pilih mandi biar badan dan pikiran saya bisa lebih fresh. Setelah itu kelonin anak-anak baru deh fokus kembali urusi blog. Nah, berikut ini cara-cara yang saya lakukan selaku blogger yang awam masalah teknis ketika menghadapi blog error alias tidak bisa diakses.

Mengajukan Pertanyaan ke WAG Blogger


Beruntungnya karena saya gabung di beberapa WAG blogger jadi ketika dapat masalah blog error seperti kemarin saya inisiatif mengajukan pertanyaan ke sana. Tapi nggak nanya ke semua grup blogger juga sih.

Saya cuma nanya ke WAG Blogger AngingMammiri dan WAG Belajar Web & Blog - Free, itu juga karena saya tahu penghuninya ada yang pakar dalam masalah teknis blog dan pastinya akan ada yang menanggapi atau berbaik hati mau membantu mengatasi permasalahan blog yang saya hadapi. Lagipula malu bertanya sesat di jalan, kan?

Nah, dari hasil bertanya ke kedua WAG tersebut saya dapat kesimpulan kemungkinan besar penyebab blog saya tidak bisa diakses itu karena settingan DNSnya bermasalah dan itu yang harus saya perbaiki. 

Menghubungi Customer Service Penyedia Domain

Karena kemungkinan besar masalah blog saya yang tiba-tiba tidak bisa diakses itu berkaitan dengan domain jadi selain tanya ke WAG Blogger saya juga menghubungi customer  service Qwords, tempat saya beli domain.

Well saya berharapnya sih setelah menghubungi cs Qwords masalah blog saya yang error itu bisa segera teratasi. Sayangnya nggak, yang ada malah bikin saya tambah pusing. 

Pasalnya waktu saya hubungi lewat layanan WA dan menginformasikan blog dengan domain siskadwyta.com tidak bisa diakses, cs-nya langsung ambil kesimpulan kalau domain saya error karena sedang dalam validasi perbaikan masalah cakupan  yang dilakukan Google Search Console (GSC). Kesimpulan itu diambil berdasarkan aktivitas terakhir yang saya lakukan sebelum blog ini bermasalah.

Ya memang sih, ketika cs-nya mengajukan pertanyaan yang kurang lebih maksudnya kira-kira aktivitas mencurigakan apa yang terakhir saya lakukan sebelum blog error? Saya seketika terngiang dengan email dari GSC yang saya terima sehari sebelumnya dan tindakan yang saya lakukan setelahnya. 

Intinya setelah menerima email dari GSC saya asal mengkonfirmasi tindakan validasi untuk memperbaiki 1 halaman error di blog saya yang ternyata perbaikannya itu memakan waktu beberapa hari. Mana saya sama sekali nggak tahu apa efeknya dan apakah selama tindakan validasi itu berlangsung akan mempengaruhi blog saya, seperti tidak bisa diakses atau tidak muncul dalam pencarian?

That's why saya sempat curiganya di situ, apa mungkin karena proses validasi tersebut sehingga blog saya tidak bisa diakses.  Eh tapi kalau baca penjelasan kak Andita dan teman-teman yang sempat menanggapi pertanyaan saya di WAG masuk akal juga sih. Kemungkinan besar masalahnya ada pada DNS. Tapi kok si cs ini yakin masalahnya ada pada validasi perbaikan yang dilakukan GSC. So, mana yang benar nih?

Googling dengan keyword sesuai masalah blog 

Setelah mendapatkan dua kesimpulan yang berbeda terkait masalah blog yang saya hadapi  saya mencoba untuk cari cara mengatasinya dengan bertanya pada eyang google.

Baik dari teman-teman yang menanggapi pertanyaan saya di WAG maupun dari si cs juga tanggapannya seperti itu. Si cs yang yakin blog saya error karena sementara divalidasi oleh GSC menyarankan saya untuk searching dengan keyword "Cara Mengatasi Masalah Cakupan Indeks Di Google Search Console" sedangkan dari WAG Blogger Anging Mammiri saya dapat saran untuk googling dengan kata kunci "Cara mengatasi DNS Probe Finished NxDomain"

Sayangnya meski sudah googling ke sana ke mari dan membaca artikel-artikel terkait, masalah blog saya masih  belum terpecahkan. Lagipula gimana mau terpecahkan coba kalau saya sendiri bingung dengan cara-cara dan istilah-istilah yang digunakan dalam berbagai artikel blog yang sempat saya baca itu, haha. Lalu apakah saya menyerah? Oh tidak!

Berusaha mengatasi sendiri

Meski sudah mengajukan pertanyaan ke WAG blogger dan menghubungi cs, saya masih harus mengatasi masalah blog saya sendiri. Ya kan saya yang pegang akun. Mereka cuma bisa bantu sebatas kasih solusi atau mengarahkan tapi untuk perbaikannya harus saya yang turun tangan sendiri.

Oya waktu saya lempar pertanyaan ke WAG Belajar Web & Blog - Free ada yang menanggapi. Katanya dia juga sempat mengalami masalah blog error seperti saya tapi karena malas dengan urusan settingan DNS jadi dia suruh saja cs-nya perbaiki tapi nggak gratis, ada biaya perbaikannya. Itu juga yang bikin saya prefer menyimpulkan penyebab blog saya sampai error bukan karena sedang dalam proses validasi dari GSC tapi pengaturan setting DNSnya yang bermasalah.

Yah, semoga masalahnya memang benar-benar bukan karena GSC soalnya saya nggak tahu proses validasi itu bisa makan waktu beberapa hari. Kalau kata si cs Qwords yang melayani ajuan saya sih saya diharuskan menunggu proses validasi itu sampai selesai. Sayangnya saya nggak bisa menunggu begitu saja apalagi menunggu tanpa kejelasan jadi saya ikuti saran yang saya dapatkan dari WAG Blogger. Atur ulang settingan DNS.

Nah, kalau memang masalahnya di settingan DNS saya masih bisa atasi sendiri. Toh saya sudah beberapa kali berkutat dengan yang namanya Domain Name Server sehingga tidak terlalu mengalami kesulitan soal ini. 


Benar saja, setelah saya kembalikan pengaturan DNS ke default dan memasukkan kembali CNAME dan A Record dari blogspot, blog saya dengan domain siskadwyta.com akhirnya bisa diakses kembali.

Namun rasa senang yang muncul karena blog saya tidak lagi error itu hanya berlangsung sesaat, pemirsa. Badan saya kembali lemas ketika mengetahui kenyataan bahwa siskadwyta.com hanya bisa diakses dengan gawai yang saya gunakan. Dari gawai lain masih error. Saya sudah cek pakai gawai suami. Sudah tanya teman-teman blogger lainnya juga untuk tolong bantu cek blog saya apa sudah terbuka atau belum? Jawaban mereka belum. 

Saya masih belum menyerah. Mungkin masih ada yang keliru pada settingan DNS-nya. Saya kembali berkutat dengan A record dan CNAME. Berkali-kali memastikan IP server dan kode unik yang saya masukkan sudah benar. Berharap domain saya bisa kembali diakses seperti semula.

But you know, hasilnya malah bikin blog yang tadinya sudah bisa saya akses dengan gawai sendiri kembali error dengan masalah baru. Makin pusinglah saya. 

Mengajukan Ticketing ke penyedia domain

Saya akhirnya mengajukan ticketing setelah menyadari bahwa saya tidak bisa mengatasi masalah domain blog yang tidak bisa diakses ini sendirian. Padahal saya sudah seharian berkutat, berusaha memperbaiki dan sepertinya tinggal sedikit lagi. Tinggal bagaimana caranya agar orang lain juga bisa mengakses siskadwyta.com dari gawainya masing-masing. Tapi ah sudahlah daripada saya makin pusing dan blog ini tak kunjung pulih lebih baik saya serahkan ke ahlinya saja.

Buat yang belum tahu, ticketing adalah layanan pengaduan yang diajukan pelanggan kepada penyedia domain. Sepertinya semua jasa penyedia domain punya layanan ini kali ya cuma mungkin ada yang pengaduannya ditangani dengan free ada juga yang berbayar.

Di Qwords sendiri pengaduan terkait teknis tidak dipungut biaya sama sekali. Setidaknya itu yang saya tahu karena saya sudah dua kali mengajukan ticketing. Pertama waktu saya menyadari bahwa domain blog ini ternyata tidak bisa diakses tanpa www padahal di pengaturan dashboard sudah saya centangkan tanda untuk redirrect

Waktu itu saya sendiri sempat otak-atik settingan DNS dan mengikuti langkah-langkah terkait cara agar blog ini bisa diakses dengan dan atau tanpa www. Saya juga sudah tanya ke cs-nya dan akhirnya disuruh untuk mengajukan ticketing tapi hasilnya sama saja. Meski sudah mengajukan  ticketing blog ini masih tidak bisa diakses tanpa www.  

Di situ jujur saya kecewa dengan pelayanan Qwords sampai-sampai saya berniat pengen pindah layanan domain tapi nggak jadi ding karena kebayang rempongnya, hehe. Nah, kali kedua saya mengajukan ticketing ya baru-baru ini, saat domain blog saya tiba-tiba tidak bisa diakses. 

Memang sih saya sudah menghubungi cs Qwords saat mendapati blog ini error tapi lagi-lagi saya kecewa dengan pelayanannya. Seharusnya si cs ini cari tahu dulu permasalahan blog saya apa, bukan langsung menyimpulkan gitu. Apalagi setelah terbukti masalahnya memang bukan pada validasi GSC tapi settingan DNS. 

Baiklah, daripada kembali menghubungi cs mending saya langsung saja mengajukan ticketing. Mungkin ada yang pengen tahu, bedanya menghubungi cs dan mengajukan ticketing itu apa? 

Kalau menghubungi cs Qwords bantuan yang kita dapatkan paling sebatas saran atau diarahkan saja tapi kalau mengajukan ticketing, nanti dari tim Qwords khususnya yang paham masalah teknis akan langsung turun tangan membantu mengatasi permasalahan blog yang kita hadapi. 
Email yang saya dapatkan setelah mengajukan ticketing
See! Nggak sampe lima menit setelah mengajukan ticketing, blog saya akhirnya bisa diakses kembali. Leganya Maa syaa Allaah. Tahu gitu kenapa bukan dari awal saja saat tahu blog error saya mengajukan ticketing, haha. Eh tapi ada hikmahnya juga lho, gara-gara kejadian blog error itu saya jadi dapat ilmu baru yang berkaitan dengan domain dari Kak Andita Seli Bestoro.

Solusi untuk domain blog yang tidak bisa diakses

Salah satu blogger yang aktif menanggapi pertanyaan saya di WAG khususnya di WAG Blogger Angging Mammiri (AM) adalah kak Andita Sely Bestoro. Who is he? Haha saya juga nggak tahu. Maklum ya saya baru setahunan gabung di AM dan selama itu belum pernah ikutan acara tudang sipulung (kopdar) jadi belum terlalu kenal dengan anggota Blogger Makassar lainnya. Kalau kenal pun sebatas nama saja.


Belakangan baru saya tahu kalau Kak Andita ini rupanya termasuk salah satu pakar SEO di Makassar. Oalah pantesan ya kalau ada yang nanya-nanya masalah blog di WAG Blogger Angging Mammiri beliau paling sering nanggapi, ternyata memang ahlinya toh.

Nah, waktu saya lempar pertanyaan ke WAG terkait blog saya yang error kak Andita langsung ngecek. Katanya A Record sama cname domain siskadwyta.com nggak kedetect. Kalau mau dites saya harus buka dulu custom domainnya. Kalau url blogspotnya bisa kebuka berarti problem di DNS domain managernya. 

But seperti yang sudah saya singgung di atas setelah menghubungi cs tempat saya beli domain, si cs yakin masalahnya ada pada GSC. Kak Andita pun tetap pada pendapatnya. Masalah blog saya lebih ke domain dengan server ke blogspot. Menurut beliau, search console itu cuma sekedar reporting terkait masalah indeksisasi blog jadi nggak bisa bikin blog down. Benarkah demikian? Untuk membuktikannya saya coba lepas custom domain. Hasilnya?

Yup, kamar kenangan ini bisa diakses dengan alamat siskadwyta.blogspot.com, sebaliknya kalau dipasang kembali domainnya nggak. So? Berarti si csnya yang keliru dong tapi ya sudahlah yang penting blog dengan domain siskadwyta.com sekarang sudah bisa diakses.

Penjelasan dari Kak Andita Sely Bestoro terkait domain blog yang tidak bisa diakses

Kasus blog saya yang error dan berujung dengan percakapan yang didominasi antara saya dan kak Andita di WAG Anging Mammiri itu ternyata mengundang tanda tanya. Ada beberapa anggota grup yang kemudian menjapri kak Andita untuk tanya-tanya soal domain. Tadinya saya juga berniat mau japri beliau tapi nggak berani, haha. 

Menanggapi beberapa pertanyaan yang masuk kak Andita akhirnya inisiatif membahas soal domain di grup dengan menjadikan masalah blog saya yang sempat tidak bisa diakses itu sebagai contoh kasus.

Berikut ini penjelasan dari Kak Andita (oiya saya sudah minta izin ke orangnya untuk di-share ya dan beliau izinkan)

Sebenarnya, solusi masalah seputar domain itu sederhana saja. Kuncinya kita harus paham logika domain dan hosting. 

Kembali ke teori dasarnya dulu :
Apa itu domain? 
Apa itu hosting?

Domain itu sederhananya adalah nama panggilan untuk sebuah website. Kenapa nama panggilan? Karena pada dasarnya, semua website di dunia ini alamatnya berupa kumpulan alamat IP : xxx.xxx.xxx.xxx

Karena menyusahkan orang buat menghafal alamat IP setiap website, maka dibutuhkan mekanisme penamaan yang unik tapi mudah diingat. Muncullah domain sebagai solusinya.

Sedangkan hosting atau dalam skala lebih besarnya server, sederhananya adalah tempat menyimpan semua file website kita. Tidak hanya itu, hosting juga berfungsi sebagai tempat menyimpan webserver, aplikasi database, dll. Bentuknya berupa PC yang disimpan di datacenter dan dihubungkan dengan jaringan internet.

Supaya domain dan hosting ini bisa berjodoh, maka dibutuhkan sesuatu yang bisa menghubungkan keduanya dan ini harus fleksibel. Dalam artian, domain bisa dipindah-pindah ke hosting lain. Pun hosting bisa dipakai oleh bermacam-macam domain.

Sesuatu yang bisa menghubungkan domain dan hosting inilah yang disebut DNS atau Domain Name Server.

Jadi ilustrasinya :

Domain ---- (domain name server) --- hosting 

Umumnya, DNS itu fasilitasnya sudah disediakan oleh tempat kita beli domain.

Kalau kejadiannya kayak punya saya, domain tidak mau connect ke website, maka kata kak Andita perlakuan standarnya sebagai berikut :

Cek dulu domainnya aktif atau nggak.
Cek hosting paketnya aktif atau nggak.
Kalau keduanya aktif, maka kemungkinannya adalah domain nggak connect ke hosting. Ini umumnya bisa disebabkan oleh DNS server yg down, atau IP address hosting yang berganti, atau semisalnya.

1. Domainnya aktif atau nggak?

Ternyata, hasil dari whois domain masih aktif. Expired masih di tanggal 5 November. Jadi ini nggak ada masalah.

2. Hosting aktif atau nggak?

Karena pakai blogspot, maka model ngeceknya adalah dengan melepas custom domain dari blogspotnya dan membuka url asli blogspotnya. Ternyata setelah dilepaa bisa connect. Artinya, dari sisi hosting nggak ada masalah.

3. Kemungkinan domain nggak connect ke hosting

Asumsi ini sebenarnya kelihatan di langkah pertama. Pas cek whois, A record dari domain siskadwyta.com nggak muncul. Begitu pula dengan CNAMEnya. Padahal, kedua record ini adalah syarat standar supaya custom domain bisa terhubung dengan blogspot. Dan kalau record domain ini nggak muncul, besar kemungkinan karena permasalah DNS server tempat beli domain karena konfigurasinya ada di situ.

Demikian penjelasan dari Kak Andita. Alhamdulillaah dapat ilmu baru tentang domain. Setidaknya kalau domain siskdwyta.com tidak bisa diakses kembali, saya sudah tahu cara mengatasinya dengan tepat dan yang pasti nggak bakal pake drama panik lagi, hehe.

Sekian sharing saya kali ini. Semoga bermanfaat.


You May Also Like

20 comments

  1. Domain - DNS - Hosting

    Logika sederhana. Baru tau tentang ini. Nggak pengen bikin infografis sederhananya mbak? Mayan buat diposting di medsos sekalian promosi postinganmu yang bagus ini.

    Anyway, selamat ya dah bisa diakses lagi blognya.

    😁

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah sekarang blognya sudah bisa dibuka ya, Mbak. Kalau aku yang mengalaminya pasti bingung gak karuan. Apalagi tau blog juga baru-baru ini. Masalah teknis di dunia blog aku gak tau sama sekali, taunya cuma nulis doang. Hehehe.

    Tapi baca ini jadi agak lega karena tau kalau penyedia domain punya layanan ticketing. Jadi kalau ada apa-apa berkaitan dengan domain yang error, aku bisa langsung ajuin ticketing aja. Daripada pusing, karena memang aku gak tau cara ngutak-atik blog sama sekali.😂

    ReplyDelete
  3. Wah makasih sharingnya nih Mba siska... Aduhh siapa yg gak lemes kl tau blognya ga bs kebuka. Semoga blog kita baik² terus ya Mba,, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejadian kaya gini bisa menimpa bloger mana pun ya Mbak, untung Mba siska udah bikin solusinya nih, thanks yaa

      Delete
  4. Saya juga pakai qwords dan kecewa dgn cs nya. Yang menyarankan link blog saya maria-g-soemitro kan mereka
    Ternyata bbrp teman yang jago seo, pemilihan domain saya Ngga banget
    Tapi mau ganti berarti harus nol lagi, duh

    ReplyDelete
  5. Dari penjelasan tersebut jadi deg-degan, daku mikirnya kan blognya blogspot ya apa masih perlu juga dengan hosting?

    ReplyDelete
  6. Wow pengalaman seru ya mbak, akan aku ingat ini untuk blog pribadi aku

    ReplyDelete
  7. Wah... aku belum pernah sih mengalami domain blog tidak bisa diakses, yang ada sempet bingung waktu transfering domain. Bersyukurnya akhirnya berhasil.

    Btw, tapi post ini bermanfaat, kali aja ke depan aku juga ngalami.

    Thanks ya Kak.

    ReplyDelete
  8. Menarik ulasan tentang domain, lebih tepatnya TLD ya. Saya juga punya 1 blog TLD sempat ga bisa akses, udah cek DNS segala macam, ternyata sepele, lupa verifikasi dan email penyedia jasa domain nyelip hehe... Tapi untuk GSC saya juga agak heran rajin submit artikel, tapi tiba2 ada masalah perayapan, sehingga harus validasi kedua kalinya. Dan gara2 itu pula mungkin blog TLD saya ditolak adsense akibat tidak ada konten (artikel sudah banyak). Padahal blog kedua dan ketiga saya yang domain gratisan dan artikelnya lebih sedikit justru diterima. Nice info Bu. Thx

    ReplyDelete
  9. Saya belum pernah mengalami ini, tapi kalau mengalami pasti pusing 7 keliling. Makasih sharingnya. Saya save ya artikelnya sebagai bahan pelajaran buat saya. .

    ReplyDelete
  10. Wah kalau aku yang ngalamin ini bakal stress pasti. Ngga paham, soalnya. Ini aja pingin pindah TLD masih bingung apalagi error gitu...wkwk. Btw, untung masalah dah terselesaikan ya ...jadi pengetahuan nih buat aku.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah dapat hikmah dari masalah yg timbul ya mba. Nah, saya nih yg awam banget ttg teknis blog..hihi.. untung banysk tmn2 yg bersedia bantu ya..

    ReplyDelete
  12. Owh gitu ya.. saya juga tahunya ngeblog aja. Ga ngerti teknis nya... Duh thankyouu ya sharing nya

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah akhirnya berhasil akses lagi ya Mbak. Saya bisa bayangkan rasanya.
    Tapisaya jug abaru tahu ada kemungkinan kasus seperti ini.
    Kalau saya sendri juga pernah coba ganti domain blogspot ke tld, ga berhasil, padahal caranya benar. AKhirnya saya hapus lagi semua setting dan mulai dari awal. Alhamdulilah bisa.
    Saya malah baru ingat kalau belum saya masukkan ke GSC. DUh!

    ReplyDelete
  14. Blog udah ibarat rumah kita sendiri ya mbak, jadi kalo ada masalah kita pasti udah lemes duluan apalagi kalo nggak begitu paham cara penanganannya kayak saya ini.. hehe

    ReplyDelete
  15. Wah ribet bgt ya ternyata, duh aku masih awam bgt ttg blog nih, masih newbie, jd taunya cuma nulis2 aja disini, hehehee

    ReplyDelete
  16. Panik! Iya saya juga sempat panik kemeren saat di group WAG ada yang bilang link yang saya kirimkan tidak bisa dibuka dan benar ternyata web nya bermasalah di secure. Well memang ya, menghadapi sesuatu memang ga boleh panik, tapi manusiawi juga klo panik dan ulasan yang sangat berguna jadi menambah ilmu

    ReplyDelete
  17. Wah keren mba tulisannya. Bener2 blogger sejati nih mba siska. Aku harus banyak belajar dari mbam

    ReplyDelete
  18. Saat kejadian lagi sibuk untuk bantu Indonesia Saling Follow yang acaranya sedang berlangsung, duh, syukurlah bisa diatasi dan blog kembali normal.
    Saya tidak begitu perhatian masalah teknis blog dan DNS. Cuma berharap tidak alami kejadian Itu. Repot banget pastinya.

    Dulu waktu pasang domain saya dipandu CS dengan sabar sehingga bisa. Sayang lupa menuliskan hal itu padahal siapa tahu bermanfaat agar orang tahu apa arti DNS.

    Semoga blog Mbak tetap aman. Syukurlah ada layanan ticketing. Di tempat saya beli domain tidak tahu apakah ada karena jarang menyimaknya. Semoga tidak alami itu karena sudah repot dan lelah dengan komunitas.

    Oh ya, makasih sudah mau bantu Indonesia Saling Follow lagi. Semoga bisa bersinergi dengan baik. Juga menahan sistem yang berbeda dengan loop lain jadinya penuh kontrol dan aturan.
    Tetap semangat.

    ReplyDelete
  19. pasti panik sekali ya pas tahu blog error, huhuh, templatenya aneh saja bikin pusing apalagi kalau tidak bisa diakses, syukurnya cepat beres ya.
    paling aman sih memang langsung mengadu ke penyedia layanan, tapi kalau mau belajar utak atik sendiri juga lebih bagus ya, asal ada waktu saja buat utak atiknya, bonusnya kita jadi ada ilmu baru :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.