SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Serunya Ikut Skinsession Class Crystallure by Wardah

by - 22 Oktober

Serunya Ikut Skinsession Class Crystallure by Wardah - Setiap wanita pasti selalu ingin tampil cantik dan punya kulit wajah kencang agar terlihat awet muda. Sayangnya penuaan merupakan hal yang tidak bisa kita hindari.

Seiring bertambahnya usia yang semakin menua kulit wajah kita akan kendur, timbul garis-garis halus dan mengalami kerutan. Tanda-tanda penuaan tersebut umumnya mulai muncul di usia 30 tahun ke atas. 

Well usia saya saat ini sudah mendekati kepala 3 dan jujur saja saya juga mulai dihinggapi was-was. Gimana kalau di usia 30 kulit wajah saya sudah nggak kencang lagi? Duh, tentunya saya nggak mau dong kelihatan cepat tua.

Yap, usia memang tidak bisa lagi dibohongi tapi setidaknya ada langkah-langkah yang bisa saya lakukan untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Makanya saya merasa dari sekarang saya sudah harus peduli dengan kesehatan kulit wajah saya.

Eh tapi sempat bingung juga kalau mau melakukan perawatan untuk mencegah skin aging atau penuaan kulit saya harus mulai darimana secara saya nggak terlalu paham dunia skincare

Beruntungnya tanggal 15 Oktober 2020 kemarin saya dapat kesempatan bisa ikut Virtual Skinsession Class yang diselenggarakan Wardah dan Mom Blogger Community (MBC). Senangnya karena saya akhirnya bisa dapat ilmu baru langsung dari ahlinya.

Skinsession Class with Dr Melyawati Hermawan, SpKK

Skinsession class crystallure by wardah

Webinar yang berlangsung via Zoom ini berlangsung lebih dari satu jam dan dihadiri oleh sekitar 50 moms yang merupakan member dari Mom Blogger Community.  Waah ternyata banyak juga ya mom seperti saya yang tertarik belajar merawat kulit wajah biar awet muda, hehe.

Acara dibuka oleh Kak Penti Prestianti Permatasari, perwakilan dari Wardah kemudian dilanjutkan oleh Kak Gea Galih Saputri sebagai moderator yang juga merupakan product specialist Crystallure by Wardah.

Skinsesssion kali ini mengangkat tema Start Greatest Your Glowing dengan menghadirkan Dr. Melyawati Hermawan, SpKK selaku narasumber utama. Materi yang dibawakan seputar masalah skin aging dan cara mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Mencegah Skin Aging (Penuaan Kulit)

Skinsession class dokter Melywati
Dr Melyawati Hermawan, SpKK saat membawa materi
Di awal pemaparannya dokter Mely menekankan betapa pentingnya merawat kulit wajah. Karena wajah merupakan anggota tubuh pertama yang dilihat orang ketika bertemu kita. Bahkan kondisi kulit wajah bisa sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kita.

That's right, punya masalah kulit wajah seperti kusam atau berjerawat pasti bikin kita nggak pede keluar rumah. Nah, skin aging atau penuaan kulit merupakan masalah kulit yang pasti juga akan kita hadapi.

Tak dimungkiri, semakin bertambah usia, tubuh kita akan mengalami berbagai perubahan. Kulit wajah kita juga akan mengalami proses penuaan yang ditunjukkan dengan adanya tanda-tanda seperti muncul garis-garis halus, kerutan dan tidak lagi kencang.

Masalah penuaan kulit dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kalau dilihat dari faktor internal, skin aging bisa muncul akibat pengaruh genetik maupun adanya perubahan hormon.

Selain itu, skin aging juga dipengaruhi faktor eksternal seperti sering terkena paparan sinar matahari, polusi, terlalu lama dalam ruangan ber-AC, terpapar asap rokok, pola hidup yang tidak sehat dan juga stres.

Namun seharusnya kita nggak perlu terlalu khawatir dengan masalah kulit yang satu ini karena meski tidak bisa dihindari kita masih bisa mencegah terjadinya dengan melakukan perawatan kulit yang benar sedini mungkin.

Nah, berikut ini beberapa tips mencegah skin aging yang saya dapatkan di webinar bersama dokter Mely ;

Menggunakan skincare sesuai kondisi kulit

Setiap wanita punya kondisi kulit wajah yang berbeda-beda. Ada yang normal, berminyak, kering, mudah kusam, jerawatan dan berkomedo. Untuk itu kita harus cermat ketika memilih skincare.

Agar kulit wajah tidak cepat mengalami penuaan kita dianjurkan untuk melakukan perawatan yang tepat yakni dengan menggunakan skincare sesuai kondisi kulit.

Untuk mengetahui apakah produk skincare yang kita gunakan sudah cocok atau belum kita bisa lihat hasilnya setelah beberapa jam pemakaian. Jika selama itu kita merasa nyaman dan tidak muncul efek seperti ruam maupun gatal maka kemungkinan besar produk tersebut cocok untuk kulit wajah kita.

Oya produk skincare yang dianjurkan dokter Mely untuk selalu digunakan guna mencegah penuaan kulit adalah sabun pencuci wajah, pelembab dan tabir surya.

Selalu gunakan tabir surya

Tips berikutnya yang disarankan dr Mely adalah selalu menggunakan tabir surya. Bahkan meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang dimana kita lebih banyak tinggal di rumah saja, kita tetap dianjurkan untuk menggunakan sunscreen.

Hal ini disebabkan karena salah satu penyebab utama penuaan dini adalah sinar UV. Sinar ini bisa menembus lapisan kaca sehingga meski dalam ruangan kita tetap perlu menggunakan tabir surya.

Seperti yang kita ketahui tabir surya atau sunscreen  memiliki berbagai jenis SPF, diantaranya SPF 15, 20, 30, 50, dan lain sebagainya. Nah, mengenai hal ini ada yang bertanya, kira-kira susncreen  dengan SPF berapa yang sebaiknya digunakan?

Menurut Dr Mely wanita yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia sebaiknya menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Dari penjelasan beliau saya baru tahu kalau angka SPF ini ternyata merupakan penentu seberapa lama kita dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama menggunakan produk tabir surya.

Misal nih, jika matahari dapat membakar kulit kita dalam waktu 15 menit maka dengan menggunakan SPF 30 kulit kita akan terlindung 30 kali lipat lebih lama sebelum terbakar.

Cara menghitung jangka waktunya adalah besar kandungan SPF dikali 10 menit. Jadi kalau yang kita pakai SPF 30 berarti 30x10 menit = 300 menit atau 5 jam.

Tentunya produk tabir surya dengan SPF tinggi dapat memberikan perlindungan kulit wajah yang lebih baik dari risiko penuaan dini. 

Namun perlu diingat untuk mendapatkan pelindungan maksimal agar kulit  tetap terjaga baik kita harus mengolesnya secara merata dan gunakan kembali setelah jangka waktunya habis.

Jangan lupa gunakan pelembab

Salah satu kunci awet muda adalah kulit tetap lembab dan terhidrasi dengan baik. Oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu gunakan moisturizer atau pelembab.

Penggunaan serum atau essence sebelum pelembab juga dianjurkan karena dapat membantu menutrisi kulit dan mengoptimalkan penyerapan pelembab.

Menerapkan pola hidup sehat

Satu lagi tips yang tidak kalah penting. Jika ingin awet muda kita wajib menerapkan pola hidup sehat. Makan makanan yang bergizi seimbang, rutin berolahraga, rajin minum minimal 8 kali sehari dan tetap jaga kewarasan, nggak boleh sampai stres. 

Oke itulah beberapa tips yang disampaikan dokter Mely. Selain 4 hal di atas, kita juga bisa mengatasi masalah skin aging ini dengan menggunakan produk yang diformulasikan untuk anti aging.  

Nah, sesi selanjutnya kami diajak Kak  Gea untuk berkenalan sekilas dengan produk Crystallure by Wardah.

Sekilas Tentang Crystallure by Wardah


Crystallure by Wardah adalah rangkaian produk perawatan kulit yang fokus mencegah penuaan sekaligus membuat kulit jadi lebih cerah dan glowing dengan dua formula barunya yaitu Gold-Peptide Crystals dan YouthGlow Active.

Jujur saja saya baru tahu Wardah punya produk khusus untuk anti aging yang tampilannya kelihatan mewah banget ini setelah mengikuti skinsession kemarin. 

Memang ya kalau dilihat dari kemasannya saja sudah menggoda sekali, bikin saya tertarik pengen coba juga skincare premium yang satu ini. Apalagi setelah mendengar penjelasan dari Kak Gea mengenai manfaat dari masing-masing produk.

Kak Gea saat mempraktikkan cara penggunaan produk Crystallure

Oh ya jadi ada 7 jenis produk dari Crystallure, mulai dari gel pembersih wajah hingga cream siang dan malam. Ya pokoknya paketnya komplitlah, bahkan Crystallure juga punya produk khusus untuk perawatan mata dalam bentuk serum gitu.

Ketujuh produk produk Crystallure tersebut yaitu Double Action Micellar Gel, Supreme Activating Booster Essence, Supreme Revitalizing Oil Serum, Supreme Revitalizing Rich Creme (with SPF 35 PA+++), Supreme Advance Hydra Gel, Supreme Activating Overnight Creme dan Advance Eye Serum.

Dari yang sudah saya sebutkan di atas, kamu tertarik pengen coba yang mana saja nih. Kalau saya sih tertarik pengen coba semuanya. Bukan semata-mata karena kemasannya yang terlihat mewah ya tapi karena khasiatnya itu lho, nggak cuma bikin kulit jadi awet muda tapi juga glowing.

Kesan mengikuti Skinsession Class with Dr Melyawati Hermawan, SpKK


Waktu hampir dua jam selama mengikuti skinsession with Dr. Melyawati Hermawan, SpKK rasanya singkat banget. Kalau diibaratkan makan bakso saya seperti masih pengen nambah lagi. Belum puas.

Artinya apa? Iya, saya masih belum puas iku skinsession kali ini karena memang pembahasan seputar masalah perawatan kulit khususnya skin aging dan cara mengatasinya ini menarik sekali.

Namun alasannya bukan cuma itu, lebih karena cara dr Mely membawakan materi juga asyik. Bahkan saya yang selama ini awam masalah skincare langsung kayak terbuka pikirannya. Cara beliau menjelaskan juga ringan dan mudah dipahami. 

Dokternya humble, nggak sungkan jawab pertanyaan peserta webinar dengan selengkap-lengkapnya. Jadi meski nggak bertanya saya jadi ikut tercerahkan.

Seperti pertanyaan mengenai angka SPF itu. Sebelumnya, sama dengan yang lain saya juga nggak ngerti apa bedanya SPF 15 dan SPF 20 tapi sekarang saya sudah tahu dan paham tabir surya dengan SPF berapa yang harus saya gunakan.

Selain itu satu pertanyaan yang sudah lama  terbersit di benak saya juga ikut terjawab, kapan sebaiknya mulai menggunakan skincare anti aging? Apa harus menunggu usia 30 tahun ke atas atau ketika sudah muncul tanda-tanda penuaan pada kulit? Ataukah sudah bisa digunakan ketika usia masih kepala 2?

Pemaparan dari Kak Gea mengenai produk Crystallure juga tidak kalah menarik. Bikin penasaran. Ya semoga saya juga bisa kesampaian cobain paket skincare premium dari Wardah ini.

Terakhir, sebelum mengakhiri postingan ini saya juga ingin mengutip pesan yang saya dapatkan dari Skinsession Class ini.

Menjaga kulit wajah bukan hanya sekedar penting tapi wajib dilakukan agar kulit tetap sehat dan cantik walau dimakan usia.

Sekian sharing saya kali ini. Semoga bermanfaat.

Oleh-oleh dari ikut Crystallure Virtual Skin Session


Salam,

Baca Juga

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.