Arti Nama Zhafran Assyauqi Muhammad

by - 21:46

Arti nama zhafran

Setiap orang tua tentu ingin memberi nama yang terbaik untuk anaknya. Karena nama adalah doa. Yuk cari tahu apa arti nama zhafran assyauqi muhammad. 

"Zhafran hadir dalam mimpi bunda lagi, Nak. Bunda ingin bertemu, sekali lagi. Walau sebatas bunga tidur"

Itu adalah status yang sempat saya pajang di WA setelah semalam bermimpi bertemu dengan si Kecil yang walau rupanya samar dalam pandangan saya namun masih terngiang jelas panggilannya untuk saya dan panggilan saya untuknya.

Dia memanggil saya Bunda dan saya memanggilnya Zhafran.

Keesokkan harinya saya begitu bersemangat menceritakan pertemuan saya dengan 'Zhafran' kepada Zaujii (panggilan sayang saya ke suami). Padahal itu cuma pertemuan dalam mimpi. Waktu itu usia pernikahan saya telah menginjak bulan ketiga dan saya masih belum hamil, belum juga ada tanda-tanda saya akan hamil. Tapi saya yakin saja, "Zhafran" yang hadir dalam bunga tidur saya itu akan segera menjelma nyata.

Qadarullaah, kurang lebih setahun lepas mimpi itu berlalu, Allah anugerahi seorang anak laki-laki yang kemudian saya beri nama ia Zhafran.

Mimpi. Rasanya seperti mimpi. Dan memang ini benar-benar mimpi yang menjelma nyata. 'Zhafran' yang pernah muncul dalam bunga tidur saya telah hadir ke dunia.

Arti Sebuah Nama

Menurut kamu apa sih arti sebuah nama? Atau mungkin kamu sudah sering dengar ungkapan apalah arti sebuah nama. Ya, bagi sebagian orang arti sebuah nama mungkin tidaklah begitu penting. Sebagian yang lain tentu akan menganggap arti dari sebuah nama adalah sangat penting.  Bahkan dalam agama, orang tua dianjurkan memberikan nama anaknya dengan nama yang baik.

That's why, salah satu hak anak yang harus dipenuhi oleh orang tuanya ketika ia baru lahir adalah diberikan nama yang baik.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra Sesungguhnya Nabi saw bersabda :

مِنْ حَقِّ الْوَلَدِ عَلَى الْوَالِدِ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ: أَنْ يُحْسِنَ اِسْمَهُ إِذَا وُلِدَ، وَيُعَلِّمَهُ الْكِتَابَ إِذَا عَقَلَ، وَيُزَوِّجَهُ إِذَا أَدْرَكَ.

“Hak anak atas orang tuanya ada tiga: diberikan nama yang baik ketika lahir, diajarkan al-Quran ketika sudah berakal (tamyiz) dan menikahkanya ketika sudah menemukan.”

Nama adalah identitas diri sekaligus menjadi kado terindah yang diberikan orang tua kepada kita. Dalam sebuah nama ada doa, ada cinta dan juga harapan dari orang tua yang disematkan pada diri kita.


Memilih Nama untuk Anak dengan Arti yang Baik

Setiap orang pastinya akan memberikan nama yang baik dan indah untuk anak-anaknya. Walau tak dimungkiri juga ada orang tua yang asal memberi nama kepada anaknya dan tidak terlalu peduli dengan artinya. 

Terutama orang tua zaman dulu. Mungkin karena belum begitu paham kali ya, jadi paling arti nama anaknya diambil dari bulan kelahiran kayak nama saya dan saudari-saudari saya (kecuali si bungsu). Kakak saya diberi nama Novi karena lahir bulan November, kalau saya dan adik saya Aya karena sama-sama lahir di bulan Juni sehingga pada nama kami melekat kata Yuni.

Nah, waktu si bungsu lahir, orang tua saya sudah mulai paham nih mengenai pemberian nama anak yang sebaiknya mengandung arti baik dan menggunakan nama islami. Jadilah diantara empat bersaudara hanya si bungsu yang memiliki nama islami dan mengandung arti yang baik.

Kalau nama kakak-kakaknya mah bukannya nggak memiliki arti yang baik, hanya saja tidak termasuk nama islami dan kalau ditanya arti nama kami apa, mama dan papa juga bingung jawabnya, hehe. 

Mereka kurang tahu artinya tapi kata mama saya diberi nama Siska karena waktu lahir papa baru pulang dari Manado. Fyi, banyak perempuan Manado yang bernama Siska dan mungkin beliau terinspirasi  dari sana, hehe. 

Beidewei kamu pernah dengan ungkapan Dian yang Tak Kunjung Padam nggak? Ungkapan yang ternyata merupakan judul dari novel karya  Takdir Alisjabana ini mirip dengan slogan "Api Nan Tak Kunjung Padam" milik Kantor Departemen Penerangan (sekarang MenkonInfo) tempat mama bekerja dulu. Nah, mama saya terinspirasi mengambil nama Dian dari slogan tersebut.

Sementara kata Wahyunita sendiri disematkan pula pada nama saya karena mungkin terinspirasinya dari bulan kelahiran saya.

Itu saja sih yang bisa dijelaskan mama dan papa kalau saya bertanya mengenai arti nama Siska Dian Wahyunita. Selama ini saya juga nggak kepikiran mau mencari tahu arti dari nama yang diberikan orang tua saya.

Eh tapi gegara nulis postingan ini saya jadi kepo lho dan coba googling arti nama saya. And you know what, ternyata nama saya yang Indonesia (Jawa) banget ini juga memiliki arti khusus.

Arti Nama

Siska ; Jalan Penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna

Dian ; Lampu, Penerang, pelita

Wahyu(nita) ; petunjuk, isyarat, ilham, inspirasi dari Tuhan

Karena kata wahyu biasa identik dengan nama laki-laki dan karena saya lahir di bulan Juni sehingga ditambahkan kata nita, Wah-Yuni-ta).

Jadi kalau mau disimpulkan kira-kira apa nama arti Siska Dian Wahyunita? Ada yang berminat bantu menyimpulkan? Baiklah kalau tidak ada saya coba simpulkan sendiri ya, hehe

Anak perempuan yang memberi isyarat/petunjuk pada jalan penghidupan yang tentram (bahagia) dengan cahaya (pelita)-nya.

Ternyata arti nama saya bagus juga ya, hehe meski orang tua mungkin tidak terlalu paham dengan arti nama yang diberikan kepada anaknya ini but least sekarang saya tahu dalam nama saya ada doa dan harapan dari orang tua agar saya bisa jadi perempuan yang senantiasa memberikan manfaat (kebaikan) dimanapun berada. Agar kehadiran saya mampu memberi cahaya / penerangan bak pelita bagi orang-orang di sekitar saya. Kurang lebih seperti itulah makna yang tersirat dalam nama saya.


Berbeda dengan orang tua zaman dulu, kalau kita perhatikan orang tua zaman sekarang (baca : orang tua milenial) khususnya yang beragama islam lebih memilih memberikan nama islami modern kepada anaknya. Selain itu mencari inspirasi nama islami sekarang ini juga tidak sulit, karena bisa dengan mudah kita dapatkan lewat buku  kumpulan nama-nama bayi atau mencarinya lewat google.

Nah, nama islami ini jugalah yang saya dan suami berikan kepada anak pertama kami. Tentu dengan doa, cinta dan harapan yang kami sematkan pada rangkaian nama panjangnya, Zhafran Assyauqi Muhammad.

Arti Dibalik Nama Zhafran Assyauqi Muhammad


Sejak Zhafran lahir saya memang sudah niat banget pengen nulis postingan dengan tema ini. Namun tidak segera saya realisasikan karena saya pengennya postingan mulai dari saya dan suami ikhtiar promil alami, hingga akhirnya saya hamil di tujuh bulan usia pernikahan kami dan menjalani sepanjang trimester kehamilan yang penuh nano-nano, semua ingin saya publish secara runut. Termasuk postingan terkait pengalaman saya saat melahirkan Zhafran.


Rencananya setelah semua postingan tersebut tuntas baru deh saya bakal bikin postingan khusus dimana dalam postingan tersebut saya akan umumkan nama lengkap sekaligus arti dibalik nama anak pertama saya.

Berhubung semua postingan yang saya maksud sudah tuntas jadi di postingan inilah saatnya saya menuntaskan niat yang sudah lama terpendam itu. Sedikit menguak arti dibalik nama Zhafran Assyauqi Muhammad.

Ya kali saja ada pembaca Kamar Kenangan ini yang kepo, kenapa anak pertama saya diberi nama Zhafran Apa artinya? Kenapa nama depannya tidak diawali dengan huruf A saja atau setidaknya huruf-huruf abjad yang berada pada posisi awal-pertengahan, kan kasihan kalau nama depannya diawali huruf Z, di daftar hadir pasti bakal disebut belakangan.

Baiklah meskipun tidak ada yang kepo, saya merasa harus menjelaskan hal tersebut di postingan ini.  Setidaknya kalau Zhafran sudah besar dan ingin tahu kisah dibalik pemberian namanya, saya suruh saja baca postingan Bundanya ini, biar saya juga nggak perlu capek-capek menjelaskan, hehe.

Jadi nama lengkap anak pertama saya adalah Zhafran Assyauqi Muhammad, boleh dipanggil Zhafran atau Syauqi.

Zhafran
Seperti yang sudah saya singgung di atas, nama ini saya ambil terinspirasi ketika ia hadir dalam mimpi saya dan memanggil saya bunda lalu saya memanggilnya Zhafran. Nggak tahu juga kenapa saya bisa manggil dia Zhafran. Nama itu lantas terngiang setelah saya terbangun dari mimpi, saya bahkan sempat pasang status terkait mimpi tersebut di status WA lho.

Assyauqi
Terinspirasi dari google, eh maksud saya untuk nama tengahnya saya pengen diawali huruf  A dan artinya nyambung dengan nama depan dan nama belakang Zhafran hingga ketemulah saya dengan nama Assyauqi ini.

Muhammad
Terinspirasi dari nama Rasulullaah, sekaligus nama ini juga merupakan nama depan ayahnya. Selama ini nama Muhammad memang identik digunakan sebagai nama depan, kan? Meski ada juga nama yang meletakkan kata Muhammad di tengah maupun di belakang. Nah, saya dan suami sengaja meletakkan nama Muhammad (untuk anak-anak kami)  di belakang

Arti Nama 
Zhafran : yang menang, yang beruntung, kemenangan, keberuntungan, kejayaan
Assyauqi : Rindu, Dirindu, Kerinduan
Muhammad : Nama Rasulullaah shallalllahu 'alaihi wassalam, yang terpuji, yang dirahmati

Nah, dari arti nama di atas ada yang bisa menyimpulkan nggak kira-kira apa arti dibalik nama Zhafran Assyauqi Muhammad? Kalau tebakannya benar saya kasih jempol deh, hehe.

That's right, inilah arti dibalik nama anak pertama saya.

Kemenangan yang Dirindukan Muhammad.

Dengan nama yang merupakan doa kami sebagai orang tua untuk Zhafran itu, kami berharap dia dapat tumbuh jadi anak yang senantiasa bisa meraih kemenangan dalam hidupnya baik di dunia maupun di akhirat. Mampu menjadi pemimpin (pemenang) yang selalu dirindukan oleh orang-orang di sekelilingnya. Dimana pun ia berada orang-orang akan selalu 'merindukannya' karena kepribadiannya terpuji seperti kepribadian Muhammad yang melekat pada namanya.

Yah, semoga Zhafran bisa tumbuh, menjadi harapan orang tua, keluarga besar, bangsa, negara dan agamanya. Tak apalah di daftar hadir namanya selalu disebut belakangan namun prestasinya semoga selalu terdepan seperti namanya. Begitulah saya mengartikan nama panjang Zhafran.

Fyi, soal pemilihan nama anak ini memang suami sepenuhnya menyerahkan ke saya. Tadinya saya pengen dia juga ikut mencarikan nama untuk anak kami, ya kali siapa tahu suami punya usulan nama sendiri, tapi tanggapannya apa? Kata suami, dia ngikut saja soalnya kalau dia yang saranin mau nama ini  atau nama itu, trus sayanya nggak sreg sama doang. Haha bener juga sih, kalau saya nggak sreg dengan usulan namanya jelas bakal saya tolak mentah-mentah, wkwkw 😅

Demikian sedikit sharing tentang arti nama anak pertama saya. Nah, untuk anak kedua yang in syaa Allaah akan lahir di bulan Desember ini saya belum menentukan namanya. Masih pusing plus bingung cariin nama yang tepat. Coba kalau inspirasi nama untuk si adik bisa saya dapatkan juga lewat mimpi kayak kakaknya, pastinya saya nggak bakalan selarut ini mencari-cari nama, hehe.

So, kalau ada yang mau bantu kasih usulan nama boleh banget. Silakan share ya di kolom komentar agar bisa jadi bahan pertimbangan buat saya.

You May Also Like

30 komentar

  1. Waktu hamil anak pertama, saya rempong cari nama yang tepat, yang jelas, kalau laki kudu ada Muhammad-nya, biar menjadi pengikut Muhammad yang mencontoh ahlak junjungan kita tersebut.

    Kalau namanya, entahlah, tiba-tiba saja terbersit di pikiran saya, Darrell yang katanya di Inggris berarti sangat mencintai, karena saya sangat mencintai anak saya hahaha.

    Kalau nama akhirnya, suami yang asal cari, dan artinya bagus dalam bahasa Arab.

    Kalau nama saya, dikasih oleh tetangga waktu di Sulut, dan saya cari ternyata artinya ratu dalam bahasa Prancis :D

    BalasHapus
  2. Alhamdulillahnya, pas nama Zhafran itu artinya bagus ya. Berarti tidurnya Siska in syaa Allah tidur yang berberkah. :)

    BalasHapus
  3. Sehat-sehat ya mbak. Aku dulu waktu anak pertama nyiapin nama laki-laki eh pas USG 7 bulan diberitahu dsog kemungkinan yang lahir perempuan. Rada gelagapan juga. Akhirnya ketemu nama beberapa hari sebelum melahirkan. Dan Alhamdulillah 20 bulan kemudian nama yang saya siapkan untuk anak laki-laki dipakai juga untuk anak keduaku. Semoga ketemu nama yang cocok ya mbak. ^^

    BalasHapus
  4. Nama anak saya juga Zafran, tapi panggilannya Zafa, hehehe
    Dan kami sempat angkat anak meski ga serumah, anak saudara kami kasih nama Zahran Khairan. Biar mirip dnegan arti yang sama.

    Nama memang mengandung harapan, begitu pula pada nama yang kami berikan ke anak kami.

    BalasHapus
  5. indaaahhh banget arti namanya Mak.
    semoga jadi anak yg shalih, sehaatt, baik hati, taat kpd ortunya yaa

    BalasHapus
  6. Sama seperti suami saya, yang menyerahkan nama anak saya aja yang cari. Hmm, emang laki-laki gak mau repot

    BalasHapus
  7. Anak pertama kemarin yang bantu ngasih nama adalah kakek dan neneknya, anak kedua yang kasih nama saya dan suami. Safaaluna, safaa artinya lembut dan luna artinya bulan/tengah malam, sedangkan anak ketiga saya ambil dari seorang anak kecil yang jadi korban perang : Aylan Kurdi, namanya jadi Aylan Naseri. Memang memilih nama tuh harus yang baik yaa

    BalasHapus
  8. Sebuah nama yang sangat indah penuh makna, Mba. Semoga Zhafran kelak menjadi anak soleh kebanggaan ayah bundanya, ya. Aamiin ya Allah.

    Saya memberi nama anak saya Intan, karena Intan adalah batu permata yang tak hanya berharga tapi juga kuat dan tangguh. :) Seperti itu lah saya mendoakannya, menjadi permata berharga bagi diri, keluarga bahkan nusa bangsa dan agama, juga tangguh menghadapi berbagai cobaan kehidupan. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Wah, paparan tentang nama yang asyique sekali dibaca. Nama kakak Zhafran mengandung makna yang agung..

    Sekedar cerita, dulu jauh-jauh hari bahkan sebelum menikah saya punya beberapa bakal nama yg ingin saya berikan ke anak saya (nantinya). Ternyata ketika waktunya tiba, rencana nama-nama tersebut hilang entah kemana.. Nama anak pertama malah tercetus ketika saya dan suami antri periksa kandungan. Hahaha.. Dari situ saya memaknai, bahwa nama menang orgtua yang memberikan tp sejatinya bukan orang tua yang menentukan, melainkan sudah 'dibawa' anak sejak lahir.

    BalasHapus
  10. Indah sekali namanya, semoga Zhafran menjadi anak hebat, soleh dan selalu berada di jalan Allah Swt , aamiin.

    BalasHapus
  11. Zhafran nama yang bagus. Soal mimpi saya jadi ingat hal yang sama sebelum Palung lahir, seakan gendong bayi dan wakahnya samar. Alhamdulillah.
    Sedihnya meski saya sering mimpi gendong bayi yang imut menggemaskan, tetap saja belum diizinkan Allah untuk hamil karena sikon.
    Nama Palung Jiwa Muttaqin Pratama saya umpamakan sebagai: dari ledalaman jiwa yang bertakwa. Pratama nama belajang ayahnya.

    BalasHapus
  12. Semoga Zhafran jadi anak soleh.
    Yang berperilaku dan mengikuti jejak nabi Muhamad SAW dalam aktivitas sehari hari, amin

    BalasHapus
  13. Anak Anak saya semuanya pake nama tengah mba, misalnya Az Zahra, aththahirah, Al faruq, an nadzeefah, dan alqassam. Btw adek bang zhafran laki apa perempuan ya

    BalasHapus
  14. Anakku pertama yang ngasih nama kakek-kakeknya. Adiknya, yang ngasih nama suami. Itu juga gonta-ganti. Ya memang engga mudah sih ngasih nama. Karena melekat seumur hidup...

    BalasHapus
  15. MasyaAllah ... Unik banget ya, Mbak, dipertemukan dengan calon buah hati padahal saat itu belum mengandung. Sungguh jalan dari Allah itu nggak bisa kita tebak. Arti nama putranya baguuusss ... Semoga menjadi doa yang baik dan dikabulkan, ya. Aamiin.

    Eh, saat tulisan ini diposting, sudah melahirkan yang kedua belum, nih? Kan tinggal besok ya Desembernya, hihihi ...

    Semoga dilancarkan semuanya ya, Mbak. Aamiin ...

    BalasHapus
  16. Betul mbak, nama adalah sebuah doa dan harapan yg diberikan oleh orang tua kita 🤗 maka dari itu, penting untuk kita memilihkan nama yang baik.
    Ngomong2, Arti nama Zhafran tadi bagus ya mbak makna nya ❤️

    BalasHapus
  17. Huaa namanya sama..
    Aku pun Dian..
    Dan bapkku juga kerja di departemen penerangan dulu...
    Hehe,,

    BalasHapus
  18. Bagus banget namanya mba, semoga persalinan keduanya lancar yaaa di bulan ini. Masih jadi bayi 2019 apa malah bayi 2020 nih mba si debaynya?

    BalasHapus
  19. Wah sampai bermimpi gtu sebelumnya ya mbak? Namanya bagus banget artinya juga dalam.Hehe nanti suaminya gantian yang cari nama buat adeknya Zhafran mbak :D
    Btw selamat menikmati hari2 jadi ibu menyusui ya :)

    BalasHapus
  20. Beruntungnya ortu yang memberikan nama anak berubah doa-doa yang baik ya, semoga jadi anak sholehah dan sesuai doa yang diharapan ortunya. Nama yang bagus banget.

    BalasHapus
  21. Nama adalah doa, mungkin bisa dibilang gitu ya. Karena ke depannya, nama itu akan disebut-sebut, dipanggil, dan diharapkan menunjukkan pribadi si pemilik nama. Itulah mengapa sebaiknya berikan nama dengan arti yang baik.

    BalasHapus
  22. Emang ya cari nama anak itu gampang-gampang susah, karena kita sebagai orangtua tentu ingin memberikan nama yang penuh makna. Aku sebenarnya suka nama yang agak panjang tapi suami suka nama yang simple dan tidak terlalu panjang. Nah...

    BalasHapus
  23. pemilihan nama yang baik buat anak bisa menjadi doa yang mulia orang tua. saya juga bangga dengan nama yang diberikan orangtua.

    BalasHapus
  24. Kalau aku semua nama anak2, suami yg kasih

    BalasHapus
  25. Bagus banget nama anaknya. Zhafran. Jarang yang pake juga ya.
    Setiap nama memang harus mengandung arti yang baik karena nama akan melekat seumur hidup sampai mati pun.

    BalasHapus
  26. masyaallah bagusnya arti namanya, kemenangan yang di rindu2 kan ummat muslim, jadi ingat kisah kemenangan saat menaklukkan konstantinopel saat itu diramalkan oleh rasulullah yaikut al fatih

    BalasHapus
  27. Wah... arti namanya keren sekali mba Siska. Bagi saya, arti sebuah nama itu penting banget. Orang tua memberikan nama pada anaknya tentu melalui proses dan pertimbangan yang tidak mudah. Sebab nama ini akan melekat seumur hidup pada diri si anak.

    BalasHapus
  28. Bagus sekali arti namanya kak. Nama kan berarti doa, harapan..semoga kelak Zhafran bisa menjadi pribadi yang sesuai dengan apa yang diharapkan melekat dalam namanya ya kak. Aamiiin.

    BalasHapus
  29. wah saya amazed sama sumber inspirasi kata Zhafran ternyata diambil dari peristiwa dalam mimpi yaa.. nama yg bagus kak.. semoga bisa jadi doa..

    BalasHapus
  30. Menurut bapak, nama saya itu artinya dapat ridha Ilahi dan obat, entah apa bisa digabung atau tidak. Saya terserah bapak saja hahaha... sudah terlanjur gunakan nama itu sejak bayi hingga sekarang

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.